Tips Merawat Sadel Sepeda Onthel Mudah Dan Sederhana Di Praktekkan

Posted by

sepeda2ku.blogspot.com-Sepeda onthel atau sepeda unta merupakan sepeda tua yang masih eksis sampai hari ini. Maksudnya, masih banyak komunitas sepeda yang setia memakai sepeda gowes onthel sebagai tungganganya. Komunitas ini sering mengadakan tour bersepeda keliling kota atau beragam touring lainnya.

Mengapa sepeda klasik ini menjadi pilihan?, ada yang berpendapat bentuknya yang unik, dan pendapat lainnya karena memiliki nilai historis sebab sejak jaman penjajahan dulu sepeda onthel sudah ada, dan masih banyak pendapat positif lainnya. Bahkan Presiden pertama Indonesia, Bapak Ir. Soekarno pun pernah bersepeda memakai sepeda onthel.

Dimulai sejak pertama kita ingin membeli sepeda onthel, pasti banyak pertimbangan bagaimana cara memilih dan membeli sepeda onthel. dan setelah kita membeli sepeda antik ini, tentu yang harus dipahami selanjutnya adalah bagaimana cara merawat sepeda onthel.

Karena sepeda onthel ini adalah sepeda tua, tentu saja butuh perawatan ekstra agar sepeda selalu nyaman saat dipakai. Asesoris tambahan pada semua sepeda pada dasarnya memiliki persamaan, baik itu asesoris pada sepeda gunung, sepeda lipat, sepeda jalan raya, maupun sepeda onthel.

Kita harus tau cara merawat sepeda yang benar. Begitu juga asesoris sepeda ada rem, gir, lampu, sadel atau jok sepeda, dan lain lain.

tips sepeda onthel,cara merawat sadel sepeda onthel,cara merawat sepeda onthel,tips merawat sadel,asesoris sepeda,jok sepeda onthel,sepeda kuno klasik

Setiap asesoris harus kita rawat.oleh karena itu berikut kami berikan tips cara merawat sadel sepeda onthel, yang merupakan salah satu asesoris sepeda onthel.

1. Waspada air dan jemur sadel sepeda
  • Tempat duduk sepeda atau jok atau sadeel sepeda yang terbuat dari kulit hewan tidak bersahabat dengan air, karena sadel atau jok akan lembab dan menimbulkan bau yang tidak sedap dan fatalnya sadel bisa rusak.
  • Jika sampai sadel terkena air hujan saat anda bersepeda, segera bersihkan dan keringkan jok. Agar jok awet dan tidak bau akibat lembab. Cara membersihkan dan mengeringkan sadel sederhana saja, yaitu dengan menjemur sepeda di bawah sinar terik matahari di siang hari.
2. Kain penutup sepeda
  • Jika sepeda tidak dipakai, simpanlah di ruangan yang kering, dan tutup sepeda dengan kain atau penutup khusus sepeda. Tujuannya agar sepeda anda tidak kotor akibat debu, dan terlindungi dari air yang mungkin saja akan kena sadel atau sepeda anda.
3. Rajin dibersihkan
  • Ada jenis sadel sepeda onthel yang tebuat dari kulit akan banyak menempel kotoran, dan jika tidak rajin kita bersihkan kotoran akan menempel dan susah hilang. Bersihkan setelah kita pakai, atau minimal seminggu satu kali dibersihkan jika jarang dipakai.
  • Cara membersihkan sadel sepeda onthel dengan memakai kain lap yang basah, lalu lap bagian sadel yang kotor. Ulangi sampai kotorannya rontok. Kami menyarankan jangan menggunakan sabun, karena kandunagn zat kimia dalam sabun justru akan merusak kulit sadel sepeda.
Demikian 3 tips sederhana merawat sadel sepeda onthel. Trim's sudah setia berkunjung ke blog kami, semoga bisa menambah ilmu dan berguna untuk rider. Semoga bahagia selalu untuk goweser dan gowesnita dimanapun berada.


Blog, Updated at: 4.2.15

Advertisement