Tips Aman Bersepeda Di Jalan Raya, Di Kota Besar yang Ramai Dan Padat Lalu Lintas

Posted by

sepeda2ku.blogspot.com-Selamat siang, di tanggal 02 Februari tahun 2015 ini dengan semangat baru kami akan berusaha menghadirkan semua tentang sepeda gowes untuk anda pembaca setia kami. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan keberkahan disisa umur kita ini (Amin).

Baydeway, kalau sebelumnya kami mengulas tips belajar keseimbangan bersepeda, kali ini kami akan memberikan tips bersepeda lainnya.

Yakni tips aman dan nyaman bersepeda di jalan raya. Dengan bersepeda dapat menjaga kesehatan tubuh kita, selain itu lingkungan sekitar juga akan terjaga pencemaranya oleh asap kendaraan bermotor.

Untuk bersepeda di kota besar seperti jakarta dan kota lainya saat ini hampir tidak ada lahan atau jalur khusus sepeda, itu sebabnya banyak rider memilih area di pedesaan atau bertualang dengan naik sepeda di daerah pegunungan.

Sepeda yang digunakan disesuaikan dengan kondisi medan yang dihadapi, kalau bertualang biasanya menggunakan mountain bike (mtb) atau sepeda gunung.

tips sepeda,tips bersepeda dijalan raya,trik sepeda,tips aman bersepeda,tips nyaman bersepeda,tips sederhana bersepeda dijalan raya,sepeda gunung mtb,sepeda jalan raya.

Kalaupun harus bersepeda di jalan di kota besar rider harus berhati-hati, sebab banyak kendaraan bermotor dan mobil yang terkadang kurang peduli keselamatan pengendara lain. Untuk itu mari perhatikan tips bersepeda di jalan raya dengan aman dan nyaman :

1. Pastikan anda fit
  • Sebelum anda bersepeda, pastikan anda dalam keadaan sehat dan tidak mengantuk, karena kan berakibat fatal untuk anda nantinya.
  • Jauhi juga pemakaian obat-obatan terlarang dan minuman berakohol yang bisa mengganggu kesadaran anda. Usahakan untuk makan makanan bernutrisi.
2. Pakai helm
  • Goweser wajib memakai helm saat mengendaai sepeda di jalan raya, sebab itu dapat memberikan keamanan pada kepala anda dari benturan jika terjadi kecelakaan. Selain itu anda akan terlihat keren saat memakai helm.
3. Jangan gunakan headset
  • Kami menyarankan untuk tidak menggunakan headset saat bersepeda, sebab konsentrasi akan terpecah dan akan berakibat fatal bagi rider.
4. Pemilihan pakaian dan jas hujan
  • Ketika goweser akan bersepeda di jalan raya, kami menyarankan untuk memakai pakaian yang berwarna terang agar mudah terlihat pengendara lainnya. Dan saat musim hujan pilihlah jas hujan yang tepat, maksudnya agar tidak mengganggu kenyamanan saat bersepeda.
5. Posisi tangan direm sepeda
  • Situasi dan kondisi di jalan raya tidak dapat diperhitungkan, oleh sebab itu jari tangan anda harus selalu siap direm sepeda. Dengan begitu anda bisa langsung rem jika ada yang memotong jalan anda, seperti yang sering terjadi oleh kendaraan mobil atau motor.
  • Jadi, saat musim penghujan usahakan jaga jarak dengan kendaraan lain di depan anda, sebab sistem pengereman kurang pakem akibat terkena air.
6. Perhatikan rambu lalu lintas (lalin)
  • Semua kendaraan yang melalui jalur jalan raya wajib mematuhi rambu lalin, begitu juga pesepeda. Dengan mematuhi rambu lalin kita akan lebih tenang saat bersepeda dan akan meminimalisir kejadian fatal yang tidak kita semua inginkan.
7. Peka dengan keadaan sekitar dan bersabar
  • Saat bersepeda kita harus sabar dengan tidak menyalip dari sebelah kiri, sebab kendaraan motor bisa kaget dengan keberadaan pesepeda yang mendadak, dan bisa saja terjadi tebrakan yang membahayakan rider dan pengendara lain.
  • Oleh karena itu kepekaan pada keadaan sekitar kita itu sangat penting.
8. Saling menghargai
  • Kita harus saling menghargai dan menghormati dengan pengguna fasilitas umum, seperti dengan pejalan kaki misalnya. Berikan ruang buat pejalan kaki, dan jangan serobot jalan khusus pejalan kaki yaitu trotoar jalan.
9.  Tentukan arah dengan bantuan tangan anda
  • Tangan adalah anugrah dari Tuhan, karena itu manfaatkan untuk memberitahukan pengendara lain kalau anda akan berubah arah. Tips dan trik tambahan ini biasanya kesadaran sendiri para rider untuk lebih aman saat kita hendak mengubah arah.
10. Perhatikan jalur jalan
  • Sebelum berangkat bersepeda, tentukan dulu jalur yang akan anda lewati. Jangan mengendarai sepeda berlawanan arus, sebab itu berbahaya untuk rider dan bisa berakibat fatal untuk rider.
  • Terkadang pengendara lainnya seperti motor maupun mobil menganggap sebelah mata pengendara sepeda gowes, walaupun tidak semuanya.
11. Rawat sepeda dengan baik
  • Jika anda ingin bersepeda dengan aman dan nyaman, rawat sepeda kesayanagn anda denagn baik dan teratur. Cek sistem rem, gir sepeda, lampu sepeda, dan ganti ban sepeda anda jika sudah mulai gundul.
  • Bagaimana cara merawat sepeda kesayangan anda cukup mudah dan sederhana, yang penting ada niat dan tidak malas melaksanakannya.
12. Gunakan lampu saat bersepeda dimalam hari
  • Bersepeda dimalam hari sangat mengasyikan, dan agar kegiatan gowes anda lebih aman dan nyaman tambahkanlah asesoris pada sepea anda yaitu lampu depan dan belakang. Guananya sebagai penerang jalan agar anda dapat melihat kondisi jalan.
  • Selain itu lampu juga berfungsi agar anda terlihat oleh kendaraan lain saat besepeda dimalam hari.
13. Berdoa.
  • Yang tak kalah penting adalah dengan berdoa. Berdoalah sesuai keyakinan yang kita anut dan percaya masing-masing, mintalah selalu perlindungan kepada-NYA. Agar kita selamat saat bersepeda dijalan raya.
Nah, gimana tipsnya?, simpel kan?. Tapi percuma kalau tips mudah dan sederhana tidak kita laksanakan. Untuk itu selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. Trims sudah mampir diblog kami yang sederhana ini. Pokoke salam gowesss selaluuu…


Blog, Updated at: 2.2.15

Advertisement