Tips Cara Merawat Sepeda Kesayangan Anda Mudah Dan Sederhana

Posted by

sepeda2ku.blogspot.com-Seriring perkembangan teknologi dibidang kendaraan bermotor seperti motor dan mobil, menjadikan aktifitas bersepeda menjadi berkurang. Tapi itu tidak terjadi pada beberapa kelompok pecinta/ hobi bersepeda.

Karena tidak sedikit masyarakat yang menggunakan sepeda untuk beraktifitas, seperti ke kantor, ke sekolah dan berolahraga. Untuk berbagai kebutuhan itulah membuat jenis sepeda gunung menjadi pilihannya.

Selain itu, dengan bersepeda kita akan lebih bugar kemudian membantu mengurangi polusi udara dan tentu saja menghemat BBM (bahan bakar minyak).

Sepeda gunung (MTB) menjadi salah pilihan favorit yang baik, tapi tidak semua orang dapat merawat sepedanya dengan baik. Atas dasar itulah anda harus paham dan bisa merawat sepeda anda sendiri agar sepeda anda selalu siap di pake dan memiliki tampilan yang baik.

Nah, gimana cara merawat sepeda gunung (MTB), cara merawat sepeda jalan raya dan cara merawat sepeda lainnya ? Ini beberapa tips yang bisa anda pake untuk merawat sepeda kesayangan anda.
tips merawat sepeda,cara membersihkan rantai sepada,cara mudah merawat sepeda
  • Rajin melumasi rantai sepeda secara rutin.
Gunakan pelumas baru khusus untuk melumasi rantai sepeda. Jangan menggunakan cairan khusus yang bersifat membersihkan, karena nantinya akan mengakibatkan rantai kering dan akan memperpendek umur rantai.

Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih rantai, tapi setelah itu beri pelumas khusus rantai. Jangan juga menggunakan rantai bekas, karena kotora yang ada di oli bekas bisa menempel di rantai dan berakibat gesekan yang membuar gir sepeda rusak.
  • Cek tekanan ban sepeda secara rutin .
Penting menjadi perhatian bagi anda untuk sering memeriksa tekanan ban sepeda anda sebelum dan sesudah menggunakan sepeda anda, karena berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan anda sendiri. Terutama pada jenis sepeda gunung (sepeda MTB), bila tekanan ban rendah makan akan sulit utuk dikayuh.

Selain itu ban juga cenderung mudah kempes yang diakibatkan karena ban dalam yang terlipat atau tertusuk benda asing.
cara merawat sepeda gunung, cara merawat sepeda BMX,cara merawat sepeda,tips merawat sepeda,tips mencuci sepeda
  • Rajin mencuci sepeda anda.
Dengan seringnya anda mencuci sepeda anda, akan membuat sepeda anda terhindar dari kotoran atau karat. Sebab jika sepeda kesayangan anda sering terkena air hujan atau tanah bisa menimbulkan karat pada bodi sepeda anda, hal itu terjadi karena kandungan zat asam pada air hujan dapat menimbulkan karat pada unsur logam di sepeda.

Bagaimana mudah kan ?? Semoga tips merawat sepeda dari kami bermanfaat bagi anda, sebab dengan perawatan yang baik dan berkala akan membuat sepeda anda terlihat bersih, aman dan nyaman saat di kendarai, serta memperpanjang umur sepeda anda untuk di gunakan kembali.

Trims sudah mampir dan baca juga artikel kami lainnya, seperti artikel kami yang membahas tentang jenis dan ciri-ciri sepeda jalan raya.


Blog, Updated at: 23.12.14

Advertisement