Tips Pemanasan Singkat Yang Baik dan Benar Sebelum Bersepeda

Posted by

sepeda2ku.blogspot.com-Salam hangat untuk pembaca setia kami dimanapun berada... Di hari yang baik ini, kami akan mencoba memberikan tips pemanasan singkat bagi anda yang hendak bersepeda.

Tapi sebelum bersepeda (khususnya bersepeda di perbukitan / pegunungan) kami menyarankan baca dulu artikel kami sebelumnya, yaitu: apa saja perlengkapan bersepeda di gunung MTB?.

Biar tepat sasaran, yukk langsung aja perhatikan tips pemanasan berikut ini.

Jika anda hanya memiliki waktu sedikit, anda bisa melakukan 4 hal penting pemanasan sebelum bersepeda berikut.

cara pemanasan,pemanasan yang baik,warming up,pemanasan yang benar,kesehatan jantung,meregangkan otot,melatih otot,pentingnya pemanasan,alasan pemanasan
  1. Yaitu anda bisa melakukan mandi dengan menggunakan air hangat sebelum bersepeda.
  2. Melakukan gerakan senam yang dulu pernah kita lakukan waktu jaman sekolah. Tujuannya agar aliran darah merata di seluruh bagian tubuh, dari kepala hingga ujung kaki anda.
  3. Anda bisa menggosokkan minyak pijit atau krim yang sifatnya menghangatkan bagian tubuh anda. Gosokkan pada bagian bagian anggota tubuh anda yang sering (intens) bergerak pda saat nanti anda bersepeda.
Berikut sedikit kami jabarkan (perjelas) secara singkat melakukan gerakan senam (step 2 di atas) saat pemanasan sebelum naik sepeda

tips pemanasan,pemanasan sebelum bersepeda,manfaat pemanasan,tahap pemanasan,jenis pemanasan,pemanasan olahraga,pemanasan singkat,pemanasan praktis,pemanasan cepat,seputar sepeda
  1. Anda biasa melakukan gerakan kepala ke atas dan ke bawah (sebanyak 2x8), gerakan ke kanan dan ke kiri, gerakan miring ke kanan dan ke kiri, gerakan memutar ke kanan dan ke kiri dengan jumlah itungan 2X8 setiap gerakan.
  2. Anda bisa ibaskan kedua telapak tangan anda secara tak beraturan untuk memberikan relaksasi pada jari anda. Kemudian gerakan lainnya, dengan memusatkan gerkan pada kedua tangan yang terlihat seperti dalam pososo berenang gaya dada, yaitu tarik tangan kanan dengan menggunakan tangan kiri anda, begitu pula lakukan sebaliknya ya.... Di sini anda bisa gunakan kreasi ansa sendiri, asal tidak berlebihan.
  3. Pusatkan pada kedua kaki anda, lalu lakukan gerakan memutar salah satu telapak kaki dengan bertumpu pada jemari baik ke kanan maupun kekiri. Tambahkan juga gerakan yaitu tekuk kaki kanan anda sementara kaki kiriny tetap lurus, sedangkan kedua tangan bisa anda tumpukan pada lutut kaki kanan. Lakukan juga gerakan ini sebaliknya. Kemudian gerakan selanjutnya, pada posisi berdiri tegap anda bisa menarik lutut kaki kearah dada anda, lalukan bergantian kaki kiri kemudian kaki kiri.
  4. Jika perlu anda bisa melakukan push up atau sit up ringan denagn sedikit hitungannya.
Kami belum tau persis apakah pemanasan ini baik bila di tinjau secara ilmiah-nya, namun tidak ada salahnya kan kalo anda mencobanya toh yang penting tujuannya agar peredaran darah lancar dan meregangkan otot anda agar tidak kaku yang bisa mengakibatkan otot menjadi keram.

Kami menyarankan sebaiknya pemanasan dilakukan dengan didampingi oleh orang yang sudah ahli (sudah biasa) di bidangnya.

Manfaat pemanasan sebelum bersepeda yaitu baik unuk merangsang kerja otot agar tidak kaku, baik untuk kesehatan jantung anda.

Anda juga harus mengatur pola makan ideal sebelum dan sesudah bersepeda, karena tubuh kita pasti membutuhkan energi lebih untuk aktifitas bersepeda.

Demikian sobat gowes, selamat mencoba dan tetap berhati-hati saat bersepeda karena keselamatan yang paling utama. Trims sudah mampir ke blog kami, kunjungi juga artikel menarik lainnya.


Blog, Updated at: 31.12.14

Advertisement