Tips Cara Belajar Sepeda Untuk Anak-Anak, Bisa Juga Untuk Pemula

Posted by

sepeda2ku.blogspot.com-Hai para orang tua yang sedang mengajarkan mengendarai sepeda kepada buah hati. Berikut tips dari kami semoga bermanfaat bagi anda. Emang mengajarkan hal yang baru pertama dilakukan bukanlah hal yang mudah, termasuk bersepeda.

Pahami betul perasaan dan mood anak anda? Janagn mengajari anak anda pada saat anak anda lagi bersedih (galau). Penting juga anda memberikan pengalaman anda dulu saat pertama kali mencoba bersepeda atau sesuatu yang lainnya, dan bagaimana anda bejuang menghadapi tantangannya hingga bisa melakukannya.

Bantu anak anda melawan rasa takut dan berani mencoba. Bila anak anda sudah menemukan kepercayaan dirinya dengan bantuan anda, akan lebih mudah anak anda untuk segera bisa bersepeda. Hindari menyogok anak anda dengan hadiah, jangan juga mengancam apalagi sampai membandingkan dengan orang lain.

Sebelum memulai belajar bersepeda, siapkan dulu peralatan demi keamanan, seperti helm, alas kaki (boleh pake sepatu). Berikan senyum anda sebagai tanda anda sayang dengan anak anda.

Pakailah sepeda roda empat, dua roda bantuannya angkat sedikit hingga tidak menyentuh tanah, fungsi dua roda kecil di belakang untuk menahan apabila anak anda hilang keseimbangan.

Latih terus anak anda dengan kesabaran. Secara bertahap naikkan sedikit demi sedikit dua roda di belakang, karena perlahan-lahan anak anda  akan menemukan segera keseimbangannya.

tips belajar sepeda,cara mengajarkan anak naik sepeda,tips belajar naik sepeda,tips naik sepeda,cara belajar sepeda,cara belajar naik sepeda,cara belajar sepeda mini,cara naik sepeda yang benar,cara cepat belajar naik sepeda,cara mudah belajar sepeda,tips mudah belajar sepeda

Ada cara lain yang efektif dan cepat yaitu anak anda belajarnya menggunakan sepeda roda dua, tapi kedua pedalnya dilepas aja biar anak tidak langsung menggayuh pedalnya. Sebab anak anda akan menaiki sepeda dan menapaki kakinya ke tanah untuk mendorong sepedanya dengan berlari.

Bila anak anda sudah bisa menemukan keseimbangannya dan meluncur tidak dengan "berlari", berarti anak anda sudah siap untuk belajar mengayuh.

Selanjutnya pasang pedalnya dengan kuat dan berikan sepeda pada anak anda, maka anak anda akan mencoba mengayuh sepedanya. Berikan lagi motifasi pada anak anda, dan... anak anda akaan mengayuh sepedanya dengan percaya diri karena sudah bisa mengatur keseimbangan.

Kemampuan setiap anak berbeda-beda, ada yang cepat bisa dan ada yang butuh waktu. Oleh karena itu anda harus sabar mengajari anak anda. Cara belajar naik sepeda betuh ketekunan dan kesabaran.

Selamat mencoba ya... semoga anak anda segera bisa bersepeda bersama anda keliling2 dan jalan2.

Trim's ya sudah mampir di blok kami, semoga artikel-artikel kami bermanfaat untuk anda dan kami. Salam hangat untuk si buah hati anda.


Blog, Updated at: 27.12.14

Advertisement