Tips Dan Trik Aman Dan Nyaman Bersepeda Ke Kantor Sebagai Rutinitas

Posted by

sepeda2ku.blogspot.com-Jika sebelumnya anda sudah membaca tips cara belajar sepeda untukanak-anak, hari ini anda bisa membaca tips bersepeda ke kantor/ bike to work. Bersepeda bisa menjadi alat transportasi alternatif lain yang bisa anda gunakan untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di kota besar.

Dengan bentuknya yang praktis serta lincah membuat anda bisa menerobos kemacetan di perjalanan. Bila memang masih jarang yang melakukannya itu karena belum mengetahui tips-nya. Nah berikut kami mencoba memberikan tips-tips-nya untuk anda.
  • Manfaat Bersepeda ? Sehat Asal Teratur Dan Konsisten.
Semua orang ingin agar sehat selalu, tapi untuk menjaga pola hidup yang sehat sangatlah susah apalagi ketemu kata konsisten. Banyak yang mencoba bersepeda ke kantor namun ada yang menyerah dan berhenti karena alasan berbagai.

Jika anda ingin mendapatkan hasil yang baik tentu anda harus terus berupaya maksimal dan selalu konsisten. hmm... Ada solusinya, anda bisa membuat jadwal rutin bike to work dan tidak perlu tiap hari koq, yang penting konsisten dengan jadwal yang anda buat, contoh dua kali seminggu juga gpp. Semoga bermanfaat dan kita semua diberikan kesehatan.
  • Pertimbangkan Berapa Jarak Rumah Anda Ke kantor.
Kenapa kita harus menghitung jarak rumah ke kantor? itu karena merupakan hal yang penting berkaitan dengan kemampuan fisik anda. Kalau jaraknya dekat anda bisa tiap hari bersepeda ke kantor, itupun jika anda menginginkannya.

Namun jika jarak dari rumah anda ke kantor lumayan jauh, apakah anda mampu tiap hari? Kami menyarankan jangan, tapi jika anda ingin mencobanya sebaiknya di saat pekerjaan anda sedang tidak banyak dan di lakukan dihari pendek seperti hari jum'at dan sabtu.

tips naik sepeda ke kantor,tips bersepeda ke kantor,cara naik sepeda,cara naik sepeda yang benar,cara naik sepeda gunung,perlengkapan sepeda ke kantor,manfaat naik sepeda
  • Sebaiknya Ada Kamar Mandi Di Kantor Anda. Kenapa ??
Agan2 dan sista2, saat anda memutuskan bersepeda ke kantor anda harus membawa peralatan mandi dan baju ganti. Kenapa? itu karena saat anda bersepeda, pasti anda akan berkeringat, ditambah di jalan terdapat debu yang tentu saja menempel dan mengakibatkan bau tidak sedap.

Kami yakin anda tidak ingin ditegur rekan kerja atau bos anda karena bau ketek / bau badan / and cumell.. ( hehe... )
  • Pakai Helm Dan Baju Yang Berwarna Terang
Helm wajib digunakan demi menjaga keselamatan anda. Dan warna baju yang terang membuat anda mudah terlihat pengendara lain terutama di pagi dan malam hari.
  • Sepeda-pun Harus Sehat Dan Siap Pakai
Pastikan anda mengecek sepeda anda secara berkala/ rutin, agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan anda saat bersepeda. Anda bisa lihat selengkapnya cara merawat sepeda kesayangan anda di sini.
  • Ingat Jalur Khusus Sepeda atau Jalan Pintas (Jalan Tikus)
Mungkin baru di kota besar saja yang sudah ada jalur khusus untuk sepeda sperti Yogyakarta, Jakarta dan kota Bandung. semoga Pemerintah bisa mempertimbangkan jalur sepeda di setiap kota di Indonesia. :-)
Jika jalanan macet, anda harus tau jalan tikus untuk menghindari macet.
  • Selalu Bawa Perlengkapan Sepeda
Perlengkapan sepeda bisa berupa : jas hujan (saat musim hujan), sepatu olahraga, kacamata, gembok sepeda, pompa kecil, sarung tangan, air minum dan kotak P3K.
Perlengkapan saat bersepeda sangat penting karena apa saja bisa terjadi diperjalanan.
  • Gabung Dalam Komunitas Sepada
Dengan anda gabung dalam komunitas sepeda, anda bisa mendapatkan teman baru dan bisa bertukar pengalaman tentang sepeda. Contohnya di kota Yogyakarta ada komunitas sepeda yang namanya Jogja Last friday Ride- yang salah satu kegiatanya adalah mengelilingi kota tiap Jumat sore.

Kemudian anda bisa juga ikut gabung ke komunias Bike To Work (B2W), yang membuat anda menemukan teman-teman yang bisa diajak berangkat kerja bersama-sama.
Atau anda bisa membuat komunitas kecil di tempat kerja anda, atau di lingkungan rumah anda.
  • Jangan Lupa Sarapan dan Cukup Tidur (Istirahat)
Hal ini sangat penting, karena bila kita kurang tidur/ istirahat badan kita kana lemas. Sebelum berangkat usahakan sarapan dulu untuk menambah tenaga kita, selain itu dapat terhindar dari sakit maag dan masuk angin.
  • Patuhi Rambu2 Lalin (Lalu Lintas)
Meski anda bersepeda di jalur khusus sepeda, jangan melaju terlalu kencang, tetap harus berhati-hati karena bisa aja sepeda motor memaksa masuk ke jalur sepeda yang membahayakan anda. Usahakan jangan rem mendadak, sebab itu berbahaya di saat keadaan macet.

Utamakanlah keselamatan anda, bukan kecepatan semata. yang paling penting adalah anda dapat menikmati perjalannya.

Nah gimana ?? anda tertarik bersepeda ke kantor. Kenapa tidak, bila ingin sehat tips kami di atas bisa dipertimbangkan.

Semoga bermanfaat dan bila bermanfaat untuk anda, bagikan juga ke teman dan kerabat anda. Trims ya sudah mampir di blog kami, baca juga artikel kami yang lainnya seperti tips mengecat sepeda.


Blog, Updated at: 29.12.14

Advertisement