Apa Makanan Yang Bernutrisi Yang Dibutuhkan Sebelum Dan Sesudah Bersepeda

Posted by

Pola Makan Untuk Pesepeda dan Olahragawan

sepeda2ku.blogspot.com-Selamat Tahun Baru 2015 untuk anda dimanapun berada. Di awal tahun baru ini, dengan semangat yang lebih dari tahun sebelumnya kami berharap bisa memberikan yang terbaik untuk anda semua para pembaca setiaa kami.

Untuk itu, di saat yang sangat berbahagia ini kami akan membahas tentang bagaimana cara mengatur pola makan ideal sebelum dan sesudah bersepeda dan apa nutrisi yang dibutuhkan saat berolahraga bersepeda.

Dengan gizi yang baik, stamina anda akan lebih baik pula tentu-nya. Oleh sebap itu itu dibtuhkan kecukupan pemenuhan gizi dan pola makan yang baik dan benar untuk mendukung segala aktivitas anda, misalnya bersepeda.

Bagi pesepeda profesional, kebutuhan gizi lebih yang baik sangat penting dan berguna untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh anda, namun untuk anda pesepeda rutin biasa kebutuhannya akan gizi masih sederhana atau berbeda dangn pesepeda profesional.

makanan ideal pesepeda,makanan saat latihan sepeda,nutrisi untuk olahragawan,manfaat makanan sehat,manfaat nutrisi bagi tubuh,jenis makanan sehat,cara memilih makanan

Kebutuhan gizi yang ekstra atau lebih untuk olahraga pesepeda memiliki batasan, karena lebih bukan berarti berlebihan (INGAT!), karena berlebihan belum tentu baik jugha.

Dan yang anda harus perhatikan yakni: jenis jenis makanan yang dikonsumsi, jumlah makanan yang baik untuk dikonsumsi, dan pembagian waktu konsumsi yang tepat sasaran. Berikut lebih jelas-nya.
  • Apa Porsi Makanan Yang Ideal Bagi Pesepeda ?
Sebelum anda bersepeda sebaiknya makan dulu dan 1/3 dari sepiring makanan anda mengandung sumber energi yang baik, seperti beras merah, sedang 1/3-nya lagi menagndung makanan kesehatan, seperti sayuran, buah-buahan maupun salad dan sisanya merupakan fungsi makanan (adalah protein seperti ikan, telur dan daging).

Dengan makan teratur di setiap pagi , siang dan malam hari akan memenuh kebutuhan anda akan nutrisi yang tepat, gizi yang baik dan energi yang fit untuk anda.
  • Apa yang di makan atau dikonsumsi setelah latihan bersepeda ?
Setelah anda berlatih sepeda disarankan untuk makan karbohidrat sebanyak 20 - 50 gram, selain itu makan juga protein sebanyak 10 - 20 gram. Kenapa? karena nutrisi itu mampu memulihkan stamina dan energi anda. Kisaran di atas memberikan anda pedoman pemenuhan gizi sesuai ringan atau kerasnya anda beraktifitas beolahraga bersepeda. Contoh makanan: telur (6 gram protein), roti (12 gram karbohidrat).
  • Apa Makanan Yang  Benar Dan Baik Sebelum Anda Latihan Sepeda ?.
Hal ini penting untuk anda agar bisa mengatur asupan makanan sebelum latihan. Perhitungkan bila 3 jam sebelum pelatihan bersepeda anda sudah makan maka sebaiknya tidak usah makan lagi, namun bila sudah lebih dari tiga jam segeralah makan makanan yang ringan2 saja yang menagandung karbohidrat di 1 jam awalnya.

Dengan aturan pola makan sederhana tadi, anda akan memenuhi kebutuhan bahan bakar dengan baik sehingga stamina anda tetap terjaga. Sebab bila anda kekurangan makanan atau kelebihan makanan (terasa kembung) akan membuat anda tidak fokus saat latihan maupun beraktifitas bersepeda.
  • Apa Saja Asupan Makanan Saat Anda Berada Di Atas Sepeda (Naik Sepeda) ?
Jika anda bersepeda jarak jauh maka anda membutuhkan asupan karbohidrat sebanyak 50 s/d 60 gram per jam. Dan anda bisa dapatkan itu dari gel, minuman yang mengandung/berasa pisang, atau cemilan buatan sendiri.
  • Kebutuhan Nutrisi Yang Baik Sesuai Berat Badan Olahragawan Pesepeda
Diet anda diharuskan memenuhi atau mempertimbangkan seberapa berat badan anda saat ini. Untuk itu anda perlu simak informasi berikut; badan membutuhkan karbohidrat 4-8 gram per kilo gram dari berat badan, kebutuhan protein 1,5-2 gram/kilo gram berat badan dan kebutuhan lemak sekitar 1-2 gram/kilo gram berat badan.

Jika anda mengikuti aturan 1-4 tsb di atas, jangan sampai terlalu jauh dari target yang telah diatur/ditentukan. Karena sudah terbukti mendukung pelatihan, dan mampu meningkatkan pemulihan serta  sangat membantu anda memperoleh stamina dan energi dengan baik.

Kami berharap semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, dan bagikan ke sahabat goweser lainnya. Kunjungi juga artikel sebelum ni, yakni; tips pemanasan singkat sebelum bersepeda, lihat juga tips mudah merawat sepeda kesayangan anda dan kunjungi juga tips2 lain-nya. Trimkasih bingit atas kunjungan anda ke blog kami.


Blog, Updated at: 17.1.15

Advertisement