Tips Pemulihan Badan Setelah Touring Bersepeda Jarak Jauh

Posted by

sepeda2ku.blogspot.com-Hai... Kalau sebelumnya kita sudah membahas cara mencuci sepeda mtb, kali ini beda. Touring adalah kegiatan yang menyenangkan bagi rider.

Sebab kita bisa sepuasnya menghirup udara bebas, ngumpul bersama sobat yang hobi bersepeda mtb, dan menikmati pemandangan alam yang indah. Biasanya rider saat touring sepeda memakai sepeda mtb atau sepeda gunung seperti cross country.

Namun setelah touring, badan kita terasa letih akibat enegi kita terkuras saat bersepeda touring. Nah, untuk itu kita harus tau cara memulihkan badan kita setelah bersepeda.

touring dengan bersepeda, tips pemulihan badan setelah bersepeda jarak jauh,sepeda mtb

Nah, ini dia tips pemulihan sehabis bersepeda jarak jauh mudah dan sederhana :
  • Pertama: Latihan Pemulihan Fisik
  1. Selesai touring dengan jarak yang jauh istirahatkan badan kita selama 1 sampai 2 hari.
  2. Setelah beristirahat antara 1 - 2 hari mulailah bersepeda lagi, dengan genjotan ringan juga menghasilkan kecepatan ringan, lakukan pemanasan dulu selama 20 menit.
  3. Buat planing/rencana rute yang akan dilalui untuk pemulihan fisik, tentukan jarak yang sedang saja, jangan jauh jauh. Rute trek tanjakan, mendatar dan turunan yang ringan agar mudah di lalui. Kami sarankan untuk menggunakan sproket medium dan chainring besar agar tidak terlalu menguras energi anda.
  4. Berikutnya, anda coba untuk sprint sambil berdiri di atas pedal dan gayuh sebanyak 20-25 kali. Lakukan 6 kali sprint dengan mengatur waktu jeda istirahat setiap anda melakukan spint dan tetap jaga ritme kecepatan setiap sprint. Dengan melakukan itu akan sangat membantu melemaskan otot-otot anda yang tegang, terutama otot kaki.
  5. Selanjutnya cari trek menurun yang flat dan ringan, tempuh trek itu selama 25 menitan.
  6. Terakhir yang anda lakukan adalah cari rute yang santai, karena sangat baik untuk pemulihan dan pendinginan dengan medan santai ini lakukan selama kurang lebih 10 menit saja.
  • Kedua: konsumsi makanan bernutrisi dan vitamin.
          Dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi serta vitamin akan sangat membantu proses pemulihan.
  1. Konsumsi multivitamin, glutamin baik untuk atlet provesional bermanfaat untuk meredakan kelelahan otot.
  2. Konsumsi magnesium yang bermanfaat mengobati nyeri pada otot atlet olahraga.
  3. Konsumsi omega 3 yang bermanfaat untuk membantu pemulihan lebih cepat.
  4. konsumsi makanan bernutrisi juga baik
Konsultasikan vitamin atau suplemen yang baik untuk anda, karena setiap orang memiliki respon tubuh yang berbeda terhadap multivitamin, antioksidan dan mineral yang dikonsumsi.

Trim's sudah berkunjung ke blog kami, semoga aja tips cara memulihkan tubuh setelah bersepeda ini bermanfaat untuk sobat goweser dimanapun berada.


Blog, Updated at: 22.1.15

Advertisement