Sejarah Singkat Sepeda Gowes

Posted by

sepeda2ku.blogspot.com-Ada yang tau gak, kalu sepeda ternyata berasal dari negara eropa yaitu, perancis. Meskipun sejarah sepeda itu masih perkiraan, tapi sejak di abad ke-18 velocipede (alat transportasi roda dua pada waktu itu) sudah mulai di pake untuk kehidupan sehari-hari di sana.

Dengan model yang masih primitif juga tanpa material dari besi, cara menggerakknnya pun masih dengan cara yang sangat sederhana.

Kita harus berterima kasih pada orang Jerman (Baron Karls Drais von Sauerbronn), karena jasanya menyempurnakan velocipede di sekitar tahun 1818.

Di tahun 1839, ada pandai besi yang berasal dari negara Skotlandia (Kirkpatrick MacMillan), berjasa dengan merancang dan membuat pedal khusus untuk sepeda.

sejarah seputar sepeda,sejarah singkat sepeda,sepeda gunung,sepeda jalan raya,sepeda balap,sejarah sepeda roda dua,sepeda roda dua,sepeda terkenal,sepeda lipat,sepeda populer

Kembali ke negara Perancislah sepeda di upayakan kesempurnaannya, yaitu Ernest Michaux (tahun 1855) dengan membuatkan pemberat engkol, sehingga laju kecepatan sepeda akan menjadi lebih stabil.

Berikutnya, Pierre Lallement (asal Perancis) yang berjasa pada tahun 1865, yaitu dengan menambahkan lingkaran besii di sekelilingnya( sekarang dikenal dengan peleg atau velg). Dia juga yang memperkenalkan sepeda denagn bentuk yang beda, yaitu ban belakang lebih besar dari ban depan.

Kemajuan demi kemajuan terlihat jelas sejak abad ke-18 sampai sekarang. Nah kemajuan semakin pesat saat teknologi pembuatan baja berlubang (lubang tengahnya) sudah ditemukan, menyusul juga teknik penyambungan besi, serta ditemukannya karet sebagai bahan utama untuk membuat ban.

Adapun pabrik sepeda pertama di dunia di dirikan di benua eropa yaitu di Coventry, Inggris pada tahun 1885. Pendirinya adalah James Starley. Sedangkan John Dunlop sudah berjasa denagn menemukan teknologi ban angin pada tahun 1888 (ban dunlop).

Seiring berkembangnya jaman, di temukan juga seperti rem, perubahan gigi yang bisa diganti-ganti, setang yang bisa kita digerakkan, rantainya, dan masih banyak lagi inofasi lainnya yang membuat sepeda punya daya tarik tersendiri. Bahkan penggemarnya terkenal sangat fanatik.


Blog, Updated at: 16.12.14

Advertisement