Tips Cara Mudah dan Praktis Membersihkan Rantai Sepeda Gunung, Sepeda Lipat, Dll

Posted by

sepeda2ku.blogspot.com-Hai... Semoga hari anda menyenangkan. Bersepeda menjadi pilihan saat berlibur di akhir pekan, tapi merawat rantai sepeda terkadang tidak menjadi pilihan, padahal itu merupakan salah satu cara merawat sepeda.

Hal itu kurang baik, karena jika rantai tidak dirawat bisa mengakibatkan rante kering, berkarat dan bisa putus (getas) saat kita sedang asik bermain sepeda, bahkan menimbulkan bunyi yang tidak enak didengar ( kreteek-kreteek / ciit-ciit ).

Jika anda tidak ingin hal serupa terjadi di hari libur anda, perhatikan tips mudah cara merawat rantai sepeda kesayangan anda.
  • Cara Pertama
1.  Semprot secara berkala rantai dengan menggunakan chain cleaner. Kenapa? Apa fungsinya? 
Chain cleaner berfungsi untuk menghilangkan kotoran pada rantai yang sebabkan oleh debu yang menempel pada pelumas lama pada rantai.

Kemudian diamkan selama 1 - 3 menit, lalu siram dengan air sambil disikat sampai bersih mengkilat. Lalu lap dengan kain bersih yang kering. Lakukan hal yang sama pada bagian cassete.

tips membersihkan rantai sepeda,cara membersihkan rantai sepeda,tips mudah membersihkan rantai sepeda,cara praktis membersihkan rantai sepeda,cara merawat rantai sepeda,cara merawat sepeda,tips merawat sepeda,tips merawat rantai sepeda,tips merawat sepeda gunung,tips merawat sepeda onthel

2.  Selanjutnya semprotkan chain lube pada rantai dan cassete hingga rata. Pelumas khusus rantai sepeda sangat dianjurkan karena pelumas khusus tipe ini akan meninggalkan semua lapisan tipis silikon, tidak membuatnya kering dan kesat dalam waktu yang cukup lama.

Kami menyarankan untuk tidak menggunakan pelumas mengandung wax, karena pelumas jenis ini kelihatan kering dan tidak basah yang dengan cepat mengundang debu (kotoran) menempel pada rantai sepeda anda. 

Gimana, mudah kan ?? Tapi kami ada cara praktis dan cepat lainnya yang bisa anda lakukan untuk membersihkan rantai sepeda anda. Yuk langsung aja kita lihat cara membersihkan rantai sepeda kedua berikut.
  • Cara ke-2 :
1.  Pertama anda harus melepas rantai dengan menggunakan chain cutter.

2.  Masukkan rantai yang sudah dilepas tadi ke dalam baskom (wadah plastik) yang di dalamnya ada bensin setinggi 5 cm atau sampai rantai terendam keseluruhan.

Lalu aduk-aduk agar bensin merata dan melekat pada rantai dan diamkan selama ± 5 - 30 menit (tergantung kotornya rantai sepeda) agar bensinnya merontokkan kotoran di rantai. Bila perlu ulangi proses ini sampai rantai benar2 bersih.

3.  Selanjutnya keluarkan rantai dan bersihkan dengan kain lap kering. Jangan lupa untuk membersihkan juga bagian cassete-nya.

4.  Pasang rantai kembali pada sepeda anda.

Gimana mudahkan? Anda bisa memakai cara pertama atau ke-2, yang sesuai dengan keinginan anda. Semoga artikel dari blog kami bermanfaat buat anda dan semoga hari-hari bersepeda anda menyenangkan.

Lihat juga artikel kami lainnya, seperti tips dan trik aman naik sepeda ke kantor anda, dll.


Blog, Updated at: 29.12.14

Advertisement